Jumat, 16 Oktober 2015

LPDP Afirmasi Part #1

Assalamualaikum sahabat Bloggers, lama tak jumpa….Alhamdulillah akhirnya bisa nongol lagi di blog yang sudah lama diabaikan ini. kali ini saya  akan menulis sesuatu yang agak serius dikit, diluar dari urusan ice cream dan jodoh #Ehh #Abaikan.
Yaa saya akan bercerita tentang Pengalaman ikut seleksi beasiswa LPDP.
What is LPDP?

Mungkin aja belum banyak yang kenal tentang LPDP, khususnya teman-teman dari Keperawatan…Yuuk Kenalan dulu sama LPDP 
Jadi Beasiswa LPDP merupakan satu dari beberapa sumber beasiswa pendanaan studi lanjut yang patut diperhitungkan. Program ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (disingkat LPDP), yang dibentuk oleh Kementerian Keuangan RI dengan bekerjasama dengan beberapa kementerian terkait (Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama). Visi dari lembaga ini adalah menjadi lembaga pengelola dana yang terbaik di tingkat regional untuk menyiapkan pemimpin masa depan serta mendorong inovasi bagi Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan.
Intinya beasiswa ini adalah beasiswanya indonesia,untuk anak-anak indonesia yang pengen ngelanjutin kuliah s2,s3 atau spesialisasi untuk dokter. Terus kalau ada yang nanya, apa itu afirmasi? (Emang ada yang nanya? Anggap saja ada ya) hehe.. Jadi beasiswa afirmasi itu adalah program beasiswa khusus untuk putra-putri daerah yang berprestasi di tingkat Nasional maupun internasional, alumni bidik misi, dan juga yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal dan perbatasan), Kemarin sih antara senang dan sedih ya ikut beasiswa afirmasi..Senangnya karena syarat afirmasi lumayan ringan (Nggak ringan-ringan juga sih yaa lumayan agak berat juga*gubrak),dan sedihnya sih harus nerima kenyataan bahwa daerah asal saya yaitu Kabupaten Bima masuk dalam kategori daerah tertinggal (Hiksss), tapi hal itu malah membulatkan tekad saya untuk kuliah lagi, supaya kedepannya Bima lebih maju #Ciyyeeeee  
Saya sendiri merasa sangat terharu dengan adanya beasiswa ini, betapa tidak pemerintah indonesia begitu care dengan pemuda-pemudi indonesia yang ingin melanjutkan kuliah namun terkendala dengan biaya, beasiswa LPDP hadir di tengah kekosongan jiwa (Apa cobaa)!!  pasti kita nggak tega kan harus dibiyain orang tua terus,apalagi kalau kita punya mimpi untuk kuliah di luar negri dengan biaya yang lumayan besar,nggak mungkin kan kita menambah beban orang tua kita, pastinya kita ingin membuat mereka bahagia, dan salah satu kebanggan kita adalah kita bisa kuliah dengan biaya sendirii lewat beasiswa LPDP ini *berkaca-kaca 
 


Next saya akan sharing tentang hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk seleksi awal LPDP yaitu Seleksi administrasi,anyway ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, pasti banyak unsur subyektivitasnya. Bisa jadi pada seleksi selanjutnya beberapa peraturan LPDP mengalami perubahan sehingga beberapa tips yang saya tulis (berdasarkan pengalaman saya) tidak dapat diterapkan sesuai kenyataan karena beberapa kondisi,so jika dikemudian hari tidak sesuai ya harap disesuaikan saja. Untuk lebih Jelasnya tentang beasiswa LPDP teman-teman bisa langsung aja jalan-jalan ke Websitenya ya di http://www.lpdp.depkeu.go.id/
  Prepare Your document :
            Oke guys sebelum kalian mau mendaftar beasiswa LPDP carilah info sebanyak-banyaknya tentang LPDP, salah satunya harus rajin baca petunjuk,baik di website atau di blog-blog.. Yuup Kalian harus Kepo, se-Kepo-keponya, daripada kepoin yang nggak jelas kan, mending kepoin beasiswa LPDP :D, setelah itu kita harus lurusin niat, tanamkan tekad yang bulat bahwa kita benar-benar serius, pengen lulus..jangan setengah-setengah atau dijadikan ajang coba-coba, Usaha kita harus maksimal, karena usaha akan berbanding lurus dengan hasil #wuisssh

Yang perlu kita perhatikan yaitu :
1)         Sertifikat Bahasa (Toefl/Ielts): Pastikan kita sudah memiliki sertifikat bahasa dari lembaga resmi yang diakui dan sudah memenuhi standar LPDP, dan sebaiknya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, kemarin waktu saya tes TOEFL waktunya mepet dengan deadline pendaftaran beasiswa afirmasi, tanpa persiapan apa-apa,tanpa kursus dan tanpa uji coba sebelumnya( Please don’t try this way guys), itupun saya dapat info tes TOEFLnya berkat kebaikan hati dari teman seperjuangan saya Ns.Nurul akidah dan Ns.Andi Itto…dan waktu hasil testnya keluar saya dapat nilai yang pas-pasan (Hikss), jadi adegan ini jangan ditiru guys, intinya persiapkan sebaik-baiknya ya.
2)   Essay. Salah satu hal yang menguras tenaga dan pikiran adalah menulis essay,saya harus blogwalking, baca buku tokoh-tokoh inspirasi, dan berusaha menemukan ide penulisan essay tersebut, akhirnya dalam waktu 8 hari saya berhasil menulis 3 essay, yaa mungkin essay saya kurang bagus, tapi kalaupun teman-teman mau melihat contoh essay saya, teman-teman bisa comment dan mencantumkan alamat emailnya, nanti Insya Allah saya akan kirimkan contohnya. 
Adapun 3 essay yang harus dibuat tersebut adalah :
“Peranku bagi Indonesia”: Pada essay ini kita harus bercerita tentang kecintaan kita terhadap tanah kelahiran kita indonesia, kontribusi apa yang telah dan akan kita berikan untuk indonesia,apa mimpi kita untuk indonesia, intinya kita harus bukti’in bahwa kita memang bisa berkontribusi untuk indonesia. #hidupIndonesia 
“Sukses Terbesar dalam Hidup”: Setiap orang tentunya memiliki sudut pandang tersendiri tentang “arti sebuah kesuksesan, jadi tuliskan saja dari sudut pandang teman-teman sendiri tentang sukses terbesar dalam hidup teman-teman. 
“Rencana Studi”: Di rencana study kita harus menuliskan tentang Program Studi yang akan di ambil,mengapa jurusan tujuan penting untuk cita-cita kita dan Indonesia, kenapa harus universitas tersebut, mata kuliah apa yang mau diambil, dan rencana tesis seperti apa.
3)        Surat Rekomendasi  : Surat Rekomendasi  ini bagusnya dari seseorang yang tau track record kita, bisa dari Dosen Pembimbing, atau dari Instansi Pemerintahan, (Kepala desa, Lurah, Camat, Bupati dll). Saya Kemarin waktu daftar pake surat rekomendasi dari Dosen dan juga dari kepala desa. So it’s depend on you guys, mau ngambil rekomendasi dari siapa.
4)   Surat Keterangan berbadan Sehat, Bebas Narkoba, dan Keterangan bebas TBC
Ketiga surat Keterangan Ini harus dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah, untuk teman-teman yang  mengambil kuliah di dalam negeri  cukup membuat Surat Keterangan Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba, sedangkan untuk teman-teman yang ingin kuliah di luar negeri harus ada tambahan  surat keterangan bebas TBC. Pengalaman saya kemarin saya buat surat keterangannya di RSUD bima, langsung daftar di Bagian Umum, setelah itu saya diarahkan ke Poli Umum, disana ada anamnesa dan pemeriksaan dari dokter, and than ke bagian administrasi,  dan membayar sebesar  Rp 155.000, lanjut lagi ke pemeriksaan Lab urin untuk narkoba.Waktu itu saya nunggu hasilnya sekitaran 1 jam. Kalau untuk pemeriksaan bebas TBC akan ada pemeriksaan Rontgen / X-Ray dengan biaya 150-175 ribu, hasilnya nggak bisa satu hari, jadi harus datang lagi keeesokan harinya.
5)         LoA.( Letter of Acceptance) : Surat Pernyataan diterima di kampus Tujuan,LOA merupakan hal yang penting dan bisa jadi nilai Plus bagi teman-teman yang sudah memilikinya, namun LOA tidak wajib di Upload pada saat pengisian data. Pada waktu seleksi administrasi, kolom ini saya kosongkan karena saya belum memiliki LOA :D.
6)        SKCK : Surat Keterangan catatan Kepolisian , surat keterangan ini tidak di upload pada saat pengisian admnistrasi, namun surat ini WAJIB di bawa pada saat kita wawancara , jadi surat keterangannya bisa dibuat setelah kita tahu bahwa kita lolos seleksi administrasi, tapi kalau mau buat duluan untuk persiapan juga tidak masalah, malah lebih bagus.
Setelah Semua data sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah kita buat akun LPDP,






Setelah pembuatan akun, maka kita bisa Log in ke akun kita dan bisa mulai mengisi data. 



Isi Semua data yang diminta, setelah semua data terisi, cek ulang sampai benar-benar yakin bahwa data yang dikirim sudah terisi semua, Klik tombol Submit. Maka data anda telah terkirim dan tidak bisa lagi di ubah. Untuk yang lolos seleksi administrasi akan ada pemberitahuan resmi lewat email dari tim LPDP. Begitupun untuk informasi tahap selanjutnya pemberitahuan resmi akan dilakukan lewat email. So, setelah submit dokument, harus lebih intens buka email. Sebaiknya buatlah email baru khusus untuk apply LPDP karena jika lolos seleksi, email tersebut akan digunakan sebagai sarana komunikasi dengan LPDP dan seluruh awardee. Setiap tahapan LPDP ada milist-nya so, agar info-info penting tidak terlewat sebaiknya gunakan email yang masih free. Dan sebaiknya gunakan account gmail karena semua email LPDP menggunakan account gmail, selain aksesnya mudah terutama untuk googlegroups, postingannya juga lebih rapih karena email dari pengirim yang sama akan masuk ke dalam satu obrolan. Fitur terbaru saat ini, gmail mampu memfilter secara otomatis antara individual email, miling list, social network, ataupun hanya sekedar promo. Jadi email-email yang tidak penting akan terpilah secara otomatis.
        Yang paling penting adalah berdoa kepada Allah SWT, tingkatkan amalan yaumian kita, Good Luck, Semoga Lolos teman-teman...
Untuk pengalam seleksi wawancara, I will tell you later… Tunggu postingan selanjutnya...

63 komentar:

  1. thanks, ceritanya "Memberi Petunjuk"

    BalasHapus
  2. Hai ayu, terima kasih ya, ceritanya menginspirasi sekali. :) Kebetulan sy juga tamatan keperawtan
    Ayu daftar di univ dan konsEntrasinya apa di lpdp?

    Ohya, Jika boleh saya juga ingin melihat contoh essay ayu.

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Hi Ayu, bersyukur bisa membaca tulisannya yang begitu inspiratif ini. Semoga terwujud cita-citanya.

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum kak ayu, wah ceritanya menginspirasi bgt :D boleh minta esailpdpnya kak :D
    ni emailny saya,: arifin_zain90@yahoo.com

    BalasHapus
  5. hallo kak ayu. aku minta essay lpdp ny ya kak.
    radintkata@yahoo.co.id
    nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sila Cek Email yaa udah dikirim, makasih udah mampir di blog..

      Hapus
  6. hallo kak ayu. aku minta essay lpdp ny ya kak.
    radintkata@yahoo.co.id
    nuhun.

    BalasHapus
  7. ka ayyu salam kenal, bole lihat essay nya ?
    cuteshera@rocketmail.com
    terimakasih :)

    BalasHapus
  8. hay ayu boleh liat dong contoh essaynya yang 3. ini email ku nurinna.rinraa@gmail.com makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  9. Halo Ayu, saya dr Keperawatan USU ingin coba LPDP. Boleh tolong email contoh essay km ke eunikelopians@gmail.com ya. Many thanks :)

    BalasHapus
  10. assalamualaikum. tips nya sangat membantu. apakah saya bisa mndapatkan essay yang Ns.Ayu buat? emailnya: ayuaizatul.natasya57@gmail.com. salam kenal. nama kita sama. ayu

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum Kak Ayu, saya Enta Imran dari Ambon, saya sedang prepare dokumen LPDP Afirmasi (Alumni Bidikmisi)yang deadline pengiriman berkasnya 14 Oktober 2016. saya butuh Direct mengenai Essay LPDP. jika tidak keberatan tolong kirimkan Essay-nya di : enta.imran@gmail.com
    Terima Kasih Sebelumnya

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Terima Kasih Banyak ya Kak Ayu... Semoga Sukses dalam pendidikan dan karirnya. Amiiin...

    BalasHapus
  14. sukses selau sista , thnks ats infonya.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum kak Ayu,salam kenal kak saya Fitry. Kalau tidak keberatan, saya boleh minta essay nya kak, fitryandaakpewila@gmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay fitri...waalaikumsalam...baru liat komennya, oke ta kirim ya...

      Hapus
  16. Ayu,liat dong contoh essay nya ☺ muhammad10udin@gmail.com trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyota lenga...ayu ma kirim, maaf baru buka blog lagi :)

      Hapus
  17. assalamualaikum kk ayu,terima kasih banyak ceritanya bisa dijadiin pedoman buat ngambil beasiswa LPDP, minta contoh essaynya dong kk . rinigusnawati26@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumsalam rini, oke segera dikirim ya, semoga sukses :)

      Hapus
  18. Halo ayu.. aku dari ntb juga tepatnya sumbawa ingin mencoba beasiswa lpdp.. sekirranya bisa kirim email contoh esay lpdp dan rencana studi.. trima kasi devidekawati@yahoo.com

    BalasHapus
  19. hai devi, waah sesama ntb nih,segera dikirim ya, semoga jadi next awrardee lpdp ntb ya :)

    BalasHapus
  20. hai ayu aku dari makassar ingin daftar lpdp juga mudah2an bisa lolos juga kayak ayu.,amiin
    bisa contoh essay nya dikirim ke gmail saya..terima kasih banyak pasukanbersarung477@gmail.com

    BalasHapus
  21. hai kak ayu aku dari keperawatan juga dan cita cita bgt pengen dapet lpdp, boleh minta tolong dikirimkan essaynya ya kak ayu ke tentangwuri@gmail.com terimakasih byk kak sukses selalu buat kak ayu

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. ayo..ayo...boleh nagih janji utk kiriman essay.???

    heuheuheu...

    kontribusi,sukses, sama rencana studi akan saya trima dgn besar hati..

    habib.syafiuddin.88@gmail.com

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum wr wb.
    kak ayu, saya juga insya Allah berencana untuk mendaftar di LPDP kak, apakah saya boleh minta essay nya kak ayu, sebagai referensi saya. ini email saya kak jika berkenan. ainunners18@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  25. Asslamu"alaikum kak ayu..insya Allah saya berencana mendaftar LPdp tahun ini,,boleh minta contoh essanya? sebagai referensi saya dan juga contoh rencana studinya,, terimakasih
    diahnurlaili10@gmail.com

    BalasHapus
  26. Asslamu"alaikum kak ayu..insya Allah saya berencana mendaftar LPDP tahun ini,,boleh minta contoh essanya sebagai acuan referensi saya dan juga contoh rencana studinya,mohon bantuaannya, terimakasih, agit.arini.lale@gmail.com

    BalasHapus
  27. hallo kak ayu, saya berencana mau daftar LPDP tahun ini, boleh minta cotoh esaaynya sebagai referensi ? terima kasih. dessymarista@gmail.com

    BalasHapus
  28. MBA ayu, mau juga yaa liat essay nya buat nyari inspirasi.. Imel deejaalfaqih@yahoo.com

    BalasHapus
  29. aslkm...mba ayu sy jg berniat dftar LPDP...blh minta contoh utk essaynya,..utk inspirasi..email fitrifauzan88@gmail.com...
    mksi...

    BalasHapus
  30. Hai Mbak Ayu, blognya sangat bermanfaat. Kalau diperkenankan, saya minta contoh esainya yaa mbak. Ini alamat email saya: istie.istie@gmail.com

    BalasHapus
  31. inspiratif... saya juga mau contoh essaynya untuk referensi ke alwansfdn@gmail.com.... trimakasih

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum semuanya...essaynya udah dikirim ya, Bisa di check emailnya...semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum ayu,tulisannya sangat menginspirasi boleh minta contoh essaynya... Larasaputri92@gmail.com

    BalasHapus
  34. assalamu alaikum.... cerita diblognya kak ayu menginspirasi dan kebetulan saya ingin mendaftar lpdp afirmasi,, boleh minta essaynya kak untuk dijadikan referensi dalam penyusunan essay.... erna.agro@gmail.com

    BalasHapus
  35. Hai ayu., salam kenal.
    Saya juga lagi daftar LPDP afirmasi daerah 3T, kiranya boleh essay ke tiga nya dikirimkan ke email saya maznifar.ibrahim@gmail.com untuk dijadikan referensi dalam penyusunan essay saya.. Terimakasih ayu...

    BalasHapus
  36. Salam kenal mbak ayu
    Saya dari mataram (NTB), saya mau daftar S2 keperawatan juga kayak mbak ayu. Mohon sarannya dan juga essay dan rencana studi
    Iversondiky@gmail.com

    BalasHapus
  37. Tlng contoh essay nya kak
    irfaekasanti95@gmail.com

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum
    Sy juga mau minta essay nya mbak ini email sy sudarnisir38@gmail.com

    BalasHapus
  39. Menginspirasi sekali. Kalau boleh saya minta cotoh essay kk k Sulastriasri13@gmail.com. terimakasih sukses selalu :)

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum wr. wb
    selamat malam kak, saya berencana untuk daftar lpdp. ole karena itu sya ingin melihat contoh essay kaka sebagai referensi. kalau boleh ini alamat email saya Dinisundari96@gmail.com
    terimakasih kak:)

    BalasHapus
  41. Assalamualaykum kak ayu,
    Selamat malam kak, saya juga lulus ners tahun ini, kepengen juga ikut seleksi LPDP dan keterima beasiswa LPDP, boleh minta contoh Essay kaka sebagai referensi saya, kalau bolrh kirim ke email saya kak miftahul.Ulya95@gmail.com

    BalasHapus
  42. Menginspirasi sekali kak. Kalau boleh saya minta cotoh essay kk k rifayulitaa@gmail.com. terimakasih sukses selalu :)

    BalasHapus
  43. Assalaamualaikum kaa, terima kasih buat infonya sangat membantuu, ka boleh minta contoh essaynya? Kalau boleh kirim ke email saya mutia.latief@gmail.com terima kasih kaa

    BalasHapus
  44. Assalaamualaikum kaa, terima kasih buat infonya sangat membantuu, ka boleh minta contoh essaynya? Kalau boleh kirim ke email saya mutia.latief@gmail.com terima kasih kaa

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum kak. Mohon maaf .apakah saya boleh mrminta essaynya kakak ya untuk referensi? Ini email saya kak deviyusvitasari3@gmail.com Trimakasih😊

    BalasHapus
  46. assalamualaikum, kak boleh minta essay kk untuk referensi saya ? ini email saya kak selvirosallia@yahoo.co.id terimakasih kka

    BalasHapus
  47. mbak, boleh dibagi essaynya? email saya mahapatih.pajajaran@gmail.com
    semoga barokah ilmunya. makasih

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum kak, salam kenal..
    Informasinya sangat bermanfaat. InsyaAllah tahun ini saya berencana untuk mendaftar beasiswa LPDP. Oleh karena itu saya ingin melihat essay kakak dan juga rencana studinya sebagai referensi. Kalau boleh ini alamat email saya rikazb.18@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum kak bisa minta contoh essay nya kak email aku noer210200intang@gmail.com

    BalasHapus