Sabtu, 28 April 2012

Yuuk Cobain Kuliner Khas Bima…


Kali ini aku mengajak teman-teman untuk mengenal “kuliner khas bima”, sebelumnya mungkin ada sebagian teman-teman yang bertanya, “bima itu dimana ya?”... ya sedikit deskripsi bima itu salah satu daerah di NTB terletak di bagian timur Pulau Sumbawa pada posisi 118°41'00"-118°48'00" Bujur Timur dan 8°20'00"-8°30'00" Lintang Selatan (from Wikipedia).
Ya setiap daerah pastinya punya keistimewaan masing-masing, begitupun bima. Kalau ditanya “apa sih keistimewa’annya bima ? maka jawabannya adalah “silahkan kunjungi daerah bima” (hehehe). Banyak hal yang istemewa dari bima,mulai dari lautnya, budayanya, peninggalan sejarah, dan masih banyak lagi,  pokoknya tidak bisa dijelaskan dengan “kata-kata”, tidak hanya soal itu bima juga menyajikan  kuliner yang “berbeda”.
Kebanyakan masakan bima itu simple, praktis, dan tentunya enak. Tapi terkadang ada juga yang lumayan ribet dan memerlukan pengolahan khusus. Okey sekarang mari kita mengenal sebagian dari masakan bima.
Well yang pertama adalah Kelompok Lauk Pauk (Uta), hmm Letak Bima yang secara geografis berada di pesisir pantai mempengaruhi selera makan orang Bima. Kebanyakan makanan Bima terdiri dari ikan dan hasil laut lainnya. Orang Bima bilang kalau belum makan pakai ikan rasanya gimana gitu ada yang kurang pokoknya seafood is the best lah.Dalam bahasa bima ikan disebut dengan “uta”.
Uta palumara (Ikan berkuah asam,manis, pedas, dengan tambahan aroma khas pataha (daun kemangi))#waahh ngebayangin aja udah ngiler nih






Uta londe puru (bandeng bakar) cita rasa bandengnya itu beda, rasa dagingnya manis, gurih karena langsung dari ombo (tambak air laut). Biasanya dulu waktu SMA sering jalan-jalan ke tambak “teman/ keluarga” untuk “panen” uta londe puru ,bayangin aja makan ikan sepuasnya langsung dari ‘tambak”nya di  tengah suasana pantai dengan semilir angin laut yang sepoi-sepoi, ditambah lagi nikmatnya es kelapa muda (srutt-srutt wuisshh syahduuuuu, udah gitu gratis lagi) heheh.







Uta Sepi tumis/Jame sepi, Yang satu ini juga makanan favorit orang bima, terbuat dari udang yang kecil-kecil yang ditumis dengan tomat,cabe, Asam muda dan daun kemangi. Rasanya???? (waah sulit diungkapkan, pokoknya kalau ada lauk ini siapkan nasi sebanyak-banyaknya, satu bakul juga kaya’nya habis hihihi) 




Uta poco,karamba, tumis (Tumis Cumi kering dan Ikan Asin) Waah ini Favorit temen-temen kos, kalau ada kiriman orang tua dari Bima, langsung dah pada request masakan ini.(Rezeki anak kos) hahaha sebenarnya masih banyak lagi masakannya ada mangge mada,karwiti, dsb. mungkin akan dijelaskan lain kali Walaupun orang Bima menggemari ikan laut, bukan berarti di Bima tidak mengenal makanan selain ikan. Daging Kambing adalah makanan favorit setelah ikan disusul Daging Rusa atau Menjangan, Daging Sapi, Kerbau dan Kelompok Unggas serta terakhir Daging Kuda.









Yang kedua adalah Kelompok Sayuran. Daun dan Buah Kelor adalah sayuran yang paling populer, di Bima. Banyak penelitian menunjukan bahwa daun kelor sangat bermanfa’at untuk kesehatan.. Dalam Bahasa Bima sayur disebut “utambeca”. Dalam Kuliner Bima memang tidak banyak dikenal sayuran yang ditumis, sayur itu selalu identik dengan makanan yang berkuah.
Uta Mbeca Maci ro’o parongge (sayur bening daun kelor), Sayur ini sangatlah simple, sayur bening  dari daun kelor, sayur ini sangat diminati oleh orang bima, untunglah dimakassar masih banyak yang menjual dau kelor jadi kalau timbul rasa “kangen” akan daun kelor maka secepat mungkin membelinya di pasar terdekat dan segera memasaknya.






Kalau daunnya untuk sayur bening maka beda lagi sama buahnya, buahnya digunakan untuk bahan utama  membuat sayur asam, waahh pokoknya enak kalau disandingkan dengan ikan goreng.



Kelompok Pelengkap atau Sambal. Ini paling penting, kalau tak ada yang satu ini rasanya gag lengkap, di bima ada banyak sekali ragam jenis sambal, baik sambal mentah maupun matang. Enak atau tidaknya suatu santapan tergantung makanan pelengkap ini.
Sambal doco tomat (sambal tomat), teman-teman kost kadang bingung,  kok bisa ya makan yang semuanya serba mentah, tapi setelah di suruh “icip-icip” malahan mereka minta nambah lagi #Gubrak





Sambal tota  fo’o (bingung nih bahasa indonesianya apa ya yang bagus??)#garuk-garuk kepala, simpelnya sambal mangga muda lah, yang jelas apapun makanannya minumnya teh botol S***o (asli iklan nih), yang satu ini dibuat dari irisan tipis mangga muda,lombok, tomat, daun kemangi, hmm rasanya Asam,asam pedas (Rame rasanya) ya udaah masih bingung sama rasanya?? *cobain aja deh sendiri.





Kelompok Penganan/Makanan Kecil. Jenis penganan Bima banyak dipengaruhi oleh citarasa melayu, manis bersantan, dan banyak juga kue kering diantaranya : Pangaha bunga (paling terkenal di Sila kananga, tempat tinggal ku*hehe) Bingka dolu, Kahangga, Tamu sinci, Mina sarua, Kadodo(dodol), dan masih banyak lagi.















Pokoknya satu saran aja buat pembaca  yang pecinta kuliner nusantara (wiiiiii) “Visit My HomeTown yaa”. Cukup Sekian,,,mudah-mudahan di lain kesempatan bisa berbagi hal-hal “menarik’ lainnya tentang Bima. Pokoknya  Bima Is the Best( SAMBIL Ngacungin 2 jempol dah) . Kalembo ade mena ya yang udah baca....

5 komentar:

  1. ede kacio wali ja loko eda uta londe ra puru re...wunga puasa ke amancawae.. gaga blok re..

    BalasHapus
  2. Pokoknya Semua makanannya WOW Banget,,!!!
    Bikin perut kenyang jadi laper lgi..!!!
    karakarane'e wauja loko ke,,huhh

    BalasHapus
  3. di toko apa saya bisa mendapatkan oleh2 makanan kering tersebut?
    Pangaha bunga
    Bingka dolu
    Kahangga
    Tamu sinci
    Mina sarua
    Kadodo

    BalasHapus
  4. Ada lagi sayur khasnya,
    Uta mbeca ro'o sambi, daun yg hanya ada di gunung n dimasaknya macam gule di campur tulang2an rusa.

    Uta mbeca sako kalo biasanya sayur Ini akan hadir saat acara2 hajat.

    Uta mbeca kahuntu kalo+ daun kelor yang di kasih santan.

    Uta mbeca sanda nawa,

    Uta mbeca saronco soka +kacang ijo

    Kalau untuk kue banyak juga
    Kuento udang Dan ayam ini favorite Saya hummm semua Itu hanya ada di Dana Mbojo...

    BalasHapus